Kisah cinta Raden Panji Asmorobangun dari kerajaan Jenggala dan Putri Candrakirana, yang lebih dikenal bernama Dewi Sekartaji dari kerajaan Daha atau Kediri, menginspirasi penampilan PT Gudang Garam, Tbk. (GG) di Parade Mobil Hias. Pawai ini digelar Pemerintah Kabupaten Kediri; sebagai pembuka Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri 2018.

Raden Panji dipercaya publik Kediri sebagai titisan Dewa Wisnu. Sedang Dewi Sekartaji adalah titisan Dewi Sri. Keduanya dipadu menjadi simbol kesuburan padi, laksana persatuan pria dan wanita yang menghasilkan keturunan.

“Satu kehormatan bagi kami ikut andil memeriahkan agenda penting dari Kabupaten Kediri ini,” kata Iwhan Tri Cahyono, Kabid Humas GG, Minggu, 8 Juli 2018.

Acara berlangsung semarak sejak awal start, dari depan Kantor Pemerintah Kabupaten Kediri menuju area Simpang Lima Gumul, di mana Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri 2018 dihelat. Ribuan warga yang enggan ketinggalan momen menarik itu tampak memadati sepanjang jalan yang ditempuh konvoi.

Kontingen GG dapat kesempatan unjuk gigi di barisan pertama, setelah barisan kirab bendera Paskibra dan marching band dari Taruna Akademi Pelayaran dari Semarang memimpin iring-iring perayaan. Berikutnya disusul oleh deretan mobil hias lain, perwakilan instansi pemerintah maupun swasta. Seperti rombongan Pabrik Gula Mrican, yang tampil mengangkat tema kejayaan pemangunan ekonomi.

Kemegahan sekaligus keindahan mobil hias delegasi GG ini, sukses dipamerkan atas keterlibatan puluhan personel dari berbagai lembaga internal perusahaanya. “Itu juga sebagai suatu bentuk tanggung jawab perusahaan, dalam memajukan potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Kediri,” kata Iwhan.

Tercermin dari kendaraan yang menonjolkan rupa kerajaan, lengkap dengan para talenta mewakili karakter-karakter yang meliputi sang Raden Panji, Putri Sekartaji, hingga para prajurit dan abdi. Iwhan merefleksi akan pentingnya loyalitas dan pengabdian, baik dalam lingkup kerja hingga kehidupan sosial masyarakat.

Pekan Budaya dan Pariwisata tercatat menjadi agenda tahunan pemerintah Kabupaten Kediri. Selain untuk menyambut hari jadi Kediri, diharapkan mampu mengenalkan budaya dan potensi wisatanya ke khalayak luas. (Naim)

Bagikan
  • 26
    Shares

Komentar Anda