DI bulan Ramadhan, berbagai lembaga melangsungkan acara bernilai sosial demi menambang pahala dan keberkahan. Instansi pemerintahan, swasta, ormas, dan komunitas secara bergantian mewarnai hari di bulan suci ini dengan aksi-aksi peduli. Salah satu di antaranya yaitu NU Ranting Kelurahan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Badan kecil dari organisasi Nahdlatul Ulama ini menggelar santunan anak yatim di dekat kawasan Kampung Inggris.

“Ini merupakan amalan dari ajaran Islam, dimana kita dianjurkan untuk peduli dan memperhatikan para anak yatim,” kata Makhfud, salah seorang pengurus NU Ranting Pare, Sabtu, 9 Juni 2018.

Pria yang menjabat sebagai tanfidziyah atau pengurus harian NU Ranting Kelurahan Pare ini mengatakan, saling berbagi kepada sesama, apalagi di saat bulan puasa sangat berfaedah. Bagi anak yatim, bantuan itu sudah pasti sangat bermanfaat untuk menunjang berbagai pernak-pernik kebutuhan menjelang hari raya Idul Fitri.

Acara itu digelar di Jl Rinjani, Kauman, Pare. Tepatnya, di halaman rumah milik Mashudi, salah seorang pengurus. Santunan NU Ranting Pare dihadiri oleh para alim ulama, perangkat desa  dan warga sekitar.

Acara santunan anak yatim di NU Ranting Kelurahan Pare. (Foto:GG)

Kegiatan yang dimulai seusai shalat tarawih itu merupakan program tahunan yang  rutin diselenggarakan. Pada tahun 2018 ini lebih dari seratus anak yatim piatu mendapat santunan.

Makhfud mengakui, jumlah anak yatim yang disantuni  pada tahun 2018 memang tak sebanyak di tahun sebelumnya. Hal tersebut terjadi karena di penyelenggaraan kali ini pengurus memutuskan untuk tidak menggandeng yayasan atau panti asuhan. Pada acara santunan itu, anak-anak yatim yang disasar antara lain berasal dari daerah sekitar Pare dan tidak bernaung di lembaga tertentu.

“Kita ingin fokus pada anak-anak yatim yang ada di lingkungan sekitar,” ujar Makhfud.

Dana yang disalurkan mengalir dari para donatur dan sejumlah lembaga yang mendukung acara santunan ini. Salah satunya dari PT. Gudang Garam Tbk.

“Alhamdulillah, kami diajak turut serta dalam kegiatan ini. Hal itu sudah menjadi komitmen perusahaan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat luas,” kata Iwhan Tri Cahyono, Kabid Humas PT. Gudang Garam Tbk.

Ia berharap, kegiatan sosial yang diselenggarakan pada bulan suci Ramadhan, akan membawa manfaat yang lebih banyak lagi. (Kholisul Fatikhin)

Bagikan

Komentar Anda