KEBUTUHAN air bersih penduduk, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, sangat bergantung pada beberapa sumber air dari lereng Kelud. Seperti warga Desa Puncu yang meliputi Dusun Laharpang, Sukomoro, Pugeran, dan Margomulyo; serta Desa Satak yang mencakup Dusun Satak dan Yani. Hidup mereka bertumpu pada pasokan dari mata air di kawasan Damarwulan.

Namun, saat media tampungnya rusak akibat erupsi Gunung Kelud pada tahun 2014, dan diperparah oleh perubahan cuaca yang tak menentu, suplai air di sana menurun drastis. Hal tersebut mendorong Komando Distrik Militer (Kodim) 0809 Kediri dan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII, bekerjasama dengan PT Gudang Garam, Tbk. (GG) mengadakan karya bakti memperbaiki tandon dan saluran air di Afdeling Damarwulan.

“Kegiatan ini sebenarnya sudah kita mulai pada pertengahan bulan Desember 2019, dan kalau sesuai dengan jadwal, harapannya di akhir Januari 2020 sudah selesai,” kata Iwhan Tri Cahyono, Public Relation (PR) Manager GG, pada Rabu, 15 Januari 2020, saat briefing bersama di tandon Damarwulan.

Hal tersebut diamini oleh Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno, Komandan Kodim (Dandim) 0809. Ia berharap, sinergi antar lapisan masyarakat dalam upaya revitalisasi wadah untuk distribusi air bersih di Damarwulan, berjalan lancar.

“Ini salah satu bentuk pengabdian TNI bersama PTPN XII dibantu oleh Gudang Garam dan warga setempat. Semoga bakti sosial ini dapat bermanfaat lagi demi masyarakat,” katanya.

Salah satu tandon air dari sumber Damarwulan (Foto: GG)

Sementara menurut Iwhan, di wilayah perkebunan kopi Ngrangkah Sepawon, terdapat tiga titik persediaan air yang harus direnovasi. Keberadaan ketiga tandon itu sedianya bisa memasok air bersih ke 2.822 keluarga yang tersebar di lingkup Desa Puncu dan Satak. 

Sejatinya, ada beberapa sumber air yang bisa dimanfaatkan warga Puncu. Namun kini tidak mengalir maksimal karena tersumbat material vulkanik dari semburan Gunung Kelud. Mata air Damarwulan termasuk salah satu yang selamat, dan jadi tumpuan utama warga sekitar, karena mampu mengeluarkan air sepanjang musim.

“Kita tahu air bersih menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat. Maka renovasi tandon air di Damarwulan ini jadi penting, apalagi warga Puncu amat membutuhkan,” kata Iwhan. (Naim Ali)

114 Shares

Komentar Anda