JUMAT, 25 Januari 2019 petang, menjadi hari yang bersejarah. Masjid Al-Khalid yang berada di Kelurahan Semampir, Kota Kediri diresmikan. Kehadirannya, memperkaya destinasi religi dan menjadi ikon baru di kawasan Kediri.

Namun, banyak yang belum tahu jika masjid tersebut berdiri berkat tangan dingin Yono Heryadi, pendiri 2SISIARCHITECT yang bergerak di bidang rancang bangun. Masjid Al-Khalid merupakan satu dari sekian bangunan hasil karya 2SISIARCHITECT. Selain tempat ibadah, bangunan yang pernah ditangani adalah rumah, cafe, pertokoan, dan perkantoran.

“Sejak dirintis pada tahun 2010, 2SISIARCHITECT telah mengerjakan puluhan project,”  ujar Bang Yon, sapaan akrabnya, Rabu 23 Januari 2019 kepada Kediripedia.com di kediamannya.

Dia mengatakan, bagi para klien yang menggunakan jasanya, diberikan opsi pelayanan yang bervariasi. Mereka dapat memilih beberapa poin. Mulai dari jasa konsultasi arsitektur, pembuatan desain bangunan, sampai eksekusi pengerjaan konstruksi jika konsep rancang bangun sudah ada.

Sebelum klien mendapatkan layanan jasa, aspirasi mereka akan ditampung terlebih dulu. Lewat obrolan komprehensif, harapan terkait bagaimana bentuk desain bangunan dapat diterjemahkan secara terperinci. Bagi sarjana arsitektur lulusan Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, hal itu merupakan proses awal yang wajib dilakukan.

Pada tahap pembicaraan awal, Bang Yon mengajukan beberapa pertanyaan penting. Mulai dari segi arsitektur bangunan akan dibentuk seperti apa, hingga pertanyaan di luar bidang rancang bangun. Misalnya hobi, minat, dan kebiasaan dari klien. Menurutnya, sebagai seorang arsitek, pengetahuan terkait kecenderungan dan psikologi klien sangat diperlukan.

“Agar antara aspirasi dan proses penggarapan saling selaras, tidak ada unsur yang meleset,” kata lelaki kelahiran Pulau Biak yang berada di pesisir pantai utara Papua.

Ketika tahap awal selesai, selanjutnya menuangkan konsep ke dalam gambar tiga dimensi. Proses membuat rancang bangun yang menggunakan software autoCAD, dia kerjakan sendiri. Namun, bila pesanan menumpuk, dia dibantu rekannya sesama arsitek lulusan ITN Malang.

Karya 2SISIARCHITECT dalam bentuk desain. (Foto: ig @jonsteria)

Pengerjaan konstruksi baru dieksekusi ketika desain gambar sudah fix. Dalam hal ini, 2SISIARCHITECT membentuk tim khusus. Tim itu terdiri dari tukang dan pembantu tukang. Orang  yang berperan mengurusi pengadaan barang serta pengawasan secara berkala, sudah termasuk di dalamnya.

“Jumlah personil pengerjaan konstruksi kita sesuaikan dengan besar kecilnya project,” ujar alumnus SMAN 5 Kota Kediri itu.

Dia mengatakan, apapun keinginan klien siap ditangani secara profesional. Baik itu mengerjakan bangunan dengan konsep hunian sederhana, modern, kontemporer, hingga rumah dengan konsep tradisional.

Aktivitas 2SISIARCHITECT berpusat dia rumahnya yang terletak di Perumahan Griya Permata Sari Blok E-1, Jalan Penanggungan, Kelurahan Bandar Kidul, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Untuk mengurus sisi manajerial dan operasional usaha, Bang Yon dibantu oleh sang istri, Shanti Sutomo yang berperan mengurus administrasi dan keuangan.

Soal tarif, Bang Yon tidak memasang harga tertentu. Lelaki empat puluh empat tahun itu mematok ongkos sebesar 10% yang diambil dari dana anggaran yang dialokasikan klien untuk melaksanakan pembangunan. Nilai tersebut sudah termasuk jasa menggambar desain rancang bangun.

Salah satu rumah dengan gaya tropis karya 2SISIARCHITECT. (Foto: ig @jonsteria)

 

Untuk menggaet konsumen, Bang Yon memanfaatkan media sosial dan website. Hasil garapan berupa gambar desain dan foto-foto bangunan yang telah berdiri, diunggah di situs 2sisiarchitect.com dan akun instagram @jonsteria. Sebelum perkembangan teknologi informasi santer seperti sekarang, 2SISIARCHITECT melakukan promosi dengan sistem getok tular atau dari mulut ke mulut.

Sejauh ini, para pengguna jasa rata-rata berasal dari warga Kota Kediri. Namun, ada juga pemesan dari daerah luar Kediri, salah satunya dari Tulungagung. Jika ada pemesan dari luar Jawa, akan tetap dilayani. Bagi pemesan dari jauh, menurut Bang Yon sebaiknya hanya berupa gambar saja.

“Namun, jika klien bersedia mengakomodir kebutuhan seluruh anggota tim, 2SISIARCHITECT siap mengerjakannya di manapun proyek itu berada,” kata ayah empat anak tersebut.

Kini, daftar hasil karya 2SISIARCHITECT semakin banyak, seiring  dengan telah diresmikannya Masjid Al-Khalid. Masjid ini sekaligus menjadi penanda bahwa Bang Yon adalah arsitek yang memiliki dedikasi pada keahliannya. (Kholisul Fatikhin)

Bagikan
  • 75
    Shares

Komentar Anda