Tak Hanya Bromo, Lautan Pasir Juga Ada di Kelud

0

Semua orang tentu mengamini betapa indahnya lautan pasir Gunung Bromo. Nah, sekarang tak perlu jauh-jauh ke Gunung Bromo untuk menyaksikan lautan pasir, karena ternyata Gunung Kelud di Kabupaten Kediri, Jawa Timur juga memilikinya.

Hamparan padang pasir baru terbentuk pasca letusan kelud.

Hamparan padang pasir baru terbentuk pasca letusan kelud.

Pasca meletus awal 2014 lalu, lautan pasir memenuhi lempengan-lempengan atau jurang yang berada dalam radius 1 kilometer dari pusat kawah Gunung Kelud. Citra visual yang terbentuk membuat wisatawan yang berkunjung ke Gunung Kelud selalu membanding-bandingkannya dengan lautan pasir Gunung Bromo,”Wah tak menyangka ternyata Gunung Kelud sekarang lebih indah sehabis meletus,” kata Damayanti, seorang wisatawan yang mengunjungi Gunung Kelud bersama teman-teman pengajiannya.

Hamparan padang pasir baru terbentuk pasca letusan kelud.

Hamparan padang pasir baru terbentuk pasca letusan kelud.

“Jadi pengen foto-foto hehehe,” lanjutnya berkelakar. Ia mengeluarkan ponsel canggihnya, lalu tanpa dikomando berfoto selfie. “Lah kok ndak ngajak-ngajak kalau mau foto,” protes Heny, teman seperjalanannya. Ditambah seorang teman lagi, mereka kompak berfoto selfie dengan latar belakang Gunung Kelud.

 

 

Urusan selfie, memang tak melulu dunianya ABG, ibu-ibu pengajian juga menggemarinya. “Maju mundur..maju mundur..cantik..cantik..maju..mundur..maju..mundur..cantik..cantik..” begitu mereka menirukan celetukan parodi ala Syahrini.

Sejumlah wisatawan berfoto dengan latar lansekap Gunung Kelud pasca letusan.

Sejumlah wisatawan berfoto dengan latar lansekap Gunung Kelud pasca letusan.

Namun, lautan pasir tumpukan material vulkanik dari kawah kelud tersebut masih sebatas boleh dinikmati wisatawan dari kejauhan. Akses jalan menuju lautan pasir masih sulit dijangkau oleh wisatawan karena berada dalam jurang-jurang dengan kedalaman yang curam.

 

 

 

KeludKediriPedia-9

“Tak apa-apa, melihatnya dari kejauhan saja sudah indah,” kata Damayanti. Tampaknya pekerjaan rumah besar menanti penglelola pariwisata di Gunung Kelud, bagaimana membuat akses jalan ke lautan pasir sehingga para wisatawan bisa berjalan-jalan di atasnya. Tentu jika memang kondisi sudah aman, sehingga keselamatan wisatawan juga terjamin. (Arief Priyono)

 

 

 

Baca juga:

http://www.kediripedia.com/menggowes-federal-pak-wid-taklukkan-tanjakan-besuki/

http://www.kediripedia.com/pecel-punten-khas-kediri-termahal-di-dunia/

http://www.kediripedia.com/si-kecil-egi-dan-fotografi-capung/

Bagikan

Komentar Anda

komentar

Leave A Reply