Soto Ayam Bakar Kediri

0

Mereka yang menggemari wisata kuliner, pasti sudah bisa membedakan rasa dan mengenal karakter berbagai jenis soto. Mulai soto paling populer dari Lamongan, Kudus, Madura, Betawi atau Semarang. Namun, makan soto dengan lauk ayam bakar dijamin hanya ada di Kota Kediri, Jawa Timur.

Foto: Arief Priyono

Foto: Arief Priyono

Nah dimana kalau ingin menikmati soto ayam bakar khas Kota Kediri? Sangat mudah, Anda tinggal meluncur ke Terminal Tamanan – Kota Kediri, disinilah sentra para pedagang soto ayam bakar mangkal. Karena berlokasi di Kelurahan Tamanan, lambat laun soto ayam bakar ini lebih akrab disebut sebagai Soto Tamanan.

Berbeda dengan jenis soto-soto dari kota lain,  Soto Tamanan memiliki ciri kuah santan. Mangkuk untuk menyajikan soto tamanan berukuran sedang, dengan taburan daging ayam yang disayat-sayat pisau kecil, tidak disuwir-suwir dengan tangan.

Kalau Anda berharap menemukan sambal, pada soto tamanan Anda tidak akan pernah menjumpainya. Sebagai gantinya, cabai yang telah dikukus disiapkan di atas meja. Anda tinggal mengambil beberapa butir sesuai selera, dan dihaluskan dengan menggerusnya menggunakan sendok di dinding mangkok. Beberapa pedagang soto biasanya menggeruskan cabai, jika Anda memintanya.

Foto: Arief Priyono

Foto: Arief Priyono

Saat mencari wisata kuliner Anda pasti akan berfikir soal menu utama dan lauknya. Saat mendengar soto ayam yang bersanding dengan ayam bakar, banyak penggemar kuliner mengernyitkan dahi karena belum pernah menemukannya didaerah lain. Apakah nyambung antara soto dengan lauk ayam bakar? Cobalah jika Anda penasaran.

Menu ayam bakar ini menjadi lauk utama di soto tamanan, Anda bisa memesan berupa daging utuh dari bagian dada, paha, ataupun sayap. Jika ingin ayam bakar yang sudah dicincang, pedagang soto dengan suka rela akan melayaninya.

Satu porsi soto tamanan lengkap dengan nasi, dihargai Rp 5.000 per mangkuk. Jika penikmat kuliner ingin menambah dengan ayam bakar ada harga yang bervariasi. Bagian dada dijual Rp 15.000, paha Rp 11.000, uritan atau kerangka tulang punggung Rp 9.000, sepasang sayap kanan-kiri Rp 13.000 dan ampela ati Rp 4.000.

Daging ayam bakar yang digunakan untuk pelengkap soto tamanan berasal dari ayam petelur atau ayam “horn” yang sudah habis masa produksinya. Tapi jika Anda memesan, ada beberapa kios yang juga menyediakan daging ayam kampung.

Soto-Ayam-Bakar-Tamanan-Khas-Kediri-3

Foto: Arief Priyono

Tak ada kecap nomor dua. Bagi masyarakat Kota Kediri, Wisata kuliner apapun yang mengandung unsure kecap, belum sah jika tidak menggunakan kecap Cap Sawi, sebuah merk kecap lokal. Fanatisme ini berlaku bagi konsumen, juga bagi pedagang.

Kelezatan soto tamanan juga diyakini karena faktor kecap local ini. Pedagang yakin, rasa soto akan berubah total jika menggunakan merk lain. Kepercayaan ini sudah berlaku turun-temurun, dan tak ada yang berani melanggarnya.

“Pernah ada yang berganti merk, karena alasan harga lebih murah, tapi akhirnya kehilangan pelanggan,” begitu keterangan Budiman, 83, orang tua pemilik kios soto Pak Qomari di sekitar terminal Tamanan, Kota Kediri.

Keyakinan lain, Soto Tamanan akan nikmat jika dimakan di tempat tersebut. Jika penikmat kuliner membungkusnya dan memakan dirumah, diyakini rasanya beda. “Ya kalau makan disini kan masih panas, kalau dibungkus sampai rumah dingin,” ungkap Budiman menjadi diplomatis.

Soto-Ayam-Bakar-Tamanan-Khas-Kediri-4

Foto: Arief Priyono

Kuahnya segar. Beberapa kali berkunjung ke Kediri, ini pertama kali saya mencoba Soto Tamanan. Biasanya hanya mencoba nasi pecel Jl Dhoho atau mie Pak Pendek,” kata Romi Perbawa, warga Surabaya yang sedang menikmati Soto Tamanan pada 20 Juni 2015 lalu. “Ini saya pakai lauk paha bakar, lain kali pengen nyoba pakai lauk kulit bakar,” tambahnya sambil asik menyantap soto yang hampir habis di mangkuknya. (Arief Priyono)

 

 

 

Bagikan

Komentar Anda

komentar

Leave A Reply