Seribu Tenda untuk Veteran

0

Memiliki jiwa nasionalisme adalah hal yang wajib dimiliki warga negara. Barangkali salah satunya dengan mengenang jasa pahlawan. Seperti yang dilakukan Lintas Komunitas Kediri Raya pada 13-14 Mei 2017, dengan mengadakan acara “1000 Tenda Bersama Veteran untuk Indonesia”.

Acara yang dihelat selama dua hari itu dilaksanakan di Lapangan Banteng, Desa Sukorame, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur. Dihadiri para pemuda dari berbagai macam komunitas di Kediri, yang sebagian besar adalah pecinta alam. Dari catatan panitia, beberapa peserta juga berasal dari luar daerah. Antara lain Blitar, Jombang, Surabaya, Solo dan Purwokerto.

“Kami mengajak kawan-kawan komunitas, swadaya membangun 1000 tenda bersama veteran Kediri, untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa Veteran adalah pahlawan bangsa kita,” tutur Rahman, Ketua Pelaksana.

Menurut catatan sejarah, Veteran merupakan warga negara Indonesia yang turut memperjuangkan dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada masa revolusi fisik, antara tanggal 17 Agustus 1945 sampai dengan tanggal 27 Desember 1949. Pun itu diakui oleh pemerintah pada masa perjuangan.
Menyambung dari pentingnya kegiatan ini, menurut Wawan, salah satu penggagas acara, yaitu untuk menggugah kembali rasa nasionalisme bagi para pemuda.

“Kita tahu bahwa saat ini Indonesia diambang perpecahan dengan maraknya intoleransi. Maka dari itu ada baiknya kita gugah kembali rasa nasionalisme di kalangan muda dengan cara mendekatkan kalangan muda dengan para pelaku sejarah,” tambahnya.

“Saya sangat mengapresiasi dengan adanya kemah ini. Bagaimanapun acara ini bukan sekadar silaturahmi antar komunitas. Melainkan juga agar kita dapat selalu mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa,” kata Cak Ni, penggiat lingkungan asal Blitar.

Acara yang dipelopori oleh 35 komunitas yang tergabung dalam Lintas Komunitas Kediri Raya tersebut, menyajikan berbagai macam kegiatan. Salah satunya bincang-bincang tentang sejarah perjuangan bangsa bersama para Veteran Kediri. Unjuk kreativitas seni dan sastra pun turut menambah kemeriahan “1000 Tenda Bersama Veteran untuk Indonesia”. (Muhammad Fahmi Idris)

Bagikan

Komentar Anda

komentar

Comments are closed.