RUPA KITA Muncul Dalam Keheningan

0

Sebanyak 21 perupa independen Kota Kediri bergabung dalam sebuah pameran seni rupa yang bertajuk RUPA KITA (Perupa Kediri Kota). Pameran yang akan diadakan pada tanggal 19 Agustus 2016 nanti bertempat di Kediri Town Square. Acara tersebut dimaksudkan untuk menggairahkan kembali kegiatan berkesenian, terutama seni rupa, di Kota Kediri yang akhir-akhir ini mengalami kelesuan.

Pemilihan lokasi di pusat perbelanjaan Kota Kediri tersebut dimaksudkan untuk memperkenalkan kepada publik bahwa Kediri sebenarnya memiliki perupa yang berpotensi. Ahmad Susanto, salah satu perupa Kota Kediri, disela-sela mempersiapkan karya mengatakan “Sebagai seniman kita harus mampu melepaskan diri dari idealis dan menciptakan karya yang mampu dinikmati dan dimengerti oleh masyarakat luas.” Iwan perupa lainnya juga mengatakan, “Karena berpameran di wilayah publik yang lebih luas, maka yang melihat bukan hanya dari kalangan seniman atau orang-orang yang suka dengan seni tapi dari seluruh kalangan, untuk itu karya-karya yang disajikan nanti adalah karya-karya yang dekat dengan masyarakat dan lebih soft.”

RUPA KITA bukan merupakan suatu wadah namun merupakan nama acara pameran yang akan digelar nanti. Walaupun RUPA KITA merupakan akronim dari Perupa Kediri Kota, namun dapat juga bermakna warna-warni dari para perupa dalam mengaktualisasikan diri, baik dilihat dari aliran, media juga usia. Acara yang sedianya digelar tanggal 19 Agustus nanti juga sebagai ajang bersilaturahmi dan berkumpul antar perupa dan seniman di Kota Kediri baik dari kalangan muda maupun tua. Dalam acara pameran tersebut nantinya tidak hanya diisi dengan pameran seni rupa namun juga diisi kegiatan lain yang berkaitan dengan seni rupa, seperti doodle drawing, street art painting, artwork drawing dan lain sebagainya.

Bambang Srengenge salah satu penggerak acara ini menambahkan bahwa acara ini adalah untuk mengumpulkan para perupa dan seniman Kota Kediri yang berserakan yang selama ini tidak pernah tersentuh ataupun tidak pernah muncul di publik. “Banyak yang memiliki potensi, banyak pula yang tidak terekspos baik dari kalangan muda maupun kalangan tua”, katanya sambil mengerjakan patung yang akan dipamerkan besok. “Intinya acara ini untuk menggairahkan kegiatan berkesenian lintas generasi. Sementara yang ikut ini dulu, nanti jika ada kesempatan lain maka akan kita ajak semua yang selama ini tak pernah muncul.” Imbuhnya.

Pameran Senirupa RUPA KITA akan diikuti oleh 21 perupa, mereka adalah Adha Merllynia Yolanda, Agung Lintang, Ahmad Susanto, Alfi Adhimashuda, Alpha Tejo, Arza, Bambang Nuraji, Bambang Srengenge, Dandy Ardi, Dedy Surono, Dodoth F. Widodo Putra, Dyah Purnawati, Hermanto Abah, Iwan Dharmawan Indra Budi, Pak Arie H.S., Pak Bolles, Pak Rinekso, Pak Tri, Targo Youwan Istanto, Urip Santoso, dan Woro Puspitaningrum.
(F. Widodo Putra)

3 1

Bagikan

Komentar Anda

komentar

Comments are closed.