Mysterious Road Kelud, Medan Magnet atau Ilusi?

0

Mobil yang mesinnya mati justru bergerak ke  arah jalan menanjak.  Aneh bin Ajaib! Selamat datang di jalan misteri.

Ada rencana jalan-jalan ke kawasan wisata Gunung Kelud? Di kawasan ini, anda bakal melintasi mysterious road: jalan misteri yang memunculkan fenomena kontragravitasi.

Jalan misteri ini terletak sekitar 4 kilometer dari pintu loket wisata Kelud di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. Sudah ada gapura penanda jika Anda sudah tiba di kawasan mysterious road. Panjangnya 100 meter ditandai dengan garis-garis putih yang melintang jalan.

Ketika mengunjungi kawasan ini, kediripedia.com melihat empat mobil antre ingin membuktikan keajaiban jalan misteri ini.

Seorang pria bertopi hitam yang mengendarai Toyota Avanza hitam menggerakkan kemudi mobilnya ke arah timur, keluar dari barisan kendaraan. Setelah itu, dia berhenti, membelakangi area mysterious road.

Sejenak, pengemudi bernama Edy Prasetyo itu mematikan mesin mobilnya. Kaki kirinya masih menginjak rem. Sesaat kemudian, rem dilepas. Tiba-tiba mobil mundur. Bergerak cepat ke arah jalanan yang terlihat menanjak.

Di tengah laju mobil, pria asal Tulungagung Jawa Timur ini membuka pintu mobil dan berdiri, sembari berteriak kegirangan. “Ajaib!”

Dua kali mencoba, Edy tetap penasaran. “Ini sangat aneh. Mobil ini mesinnya mati, tapi malah bergerak ke arah yang menanjak,” ujarnya.

Mobil-mobil lain bergiliran mencoba. Beberapa pengendara motor juga tak mau ketinggalan.

Pengelola wisata memasang board penanda mysterious road dan marka sepanjang 100 meter. (foto: Danu Sukendro)

Pengelola wisata memasang board penanda mysterious road dan marka sepanjang 100 meter. (foto: Danu Sukendro)

Fenomena kontragravitasi ini menjadi salah satu daya tarik wisata Kelud. Banyak wisatawan tergoda datang dan menjajal keajaiban ini. Pengelola wisata mempoles tempat ini, dengan memberikan penanda garis-garis marka. Sejumlah board dipasang.

Sebenarnya, tak hanya di Kelud. Di Santa Cruz, California, St.Ignace di Michigan dan Oregon Vortex di Oregon Amerika Serikat juga ada fenomena serupa. Di Skotlandia, Italia, Kanada, Jepang dan Korea fenomena kontragravitasi ini juga jadi bahan jualan pengelola wisata.

Ada yang menyebut terdapat medan magnet, sehingga benda-benda bergerak melawan hukum gravitasi atau kontragravitasi. Namun, situs enigmablogger.com menepis adanya fenomena kontragravitasi. Hukum gravitasi tetap berlaku di berbagai titik mysterious road tersebut. Fenomena itu adalah ilusi optikal atau ilusi visual.

Ilusi yang diciptakannya membuat jalan raya yang menurun terlihat seperti menanjak. Jadi, ketika kita mematikan mesin mobil dan melepas rem, mobil itu sesungguhnya patuh kepada hukum gravitasi dengan bergerak mengikuti jalan yang menurun. Tetapi mata kita membangkang terhadap realita. Kita melihat jalan yang menurun itu seperti jalan yang menanjak.

Terlepas dari apapun analisa para pakar, mysterious road di Gunung Kelud ini tetap fenomenal. Merasakan sensasi ‘seolah-olah’ melawan hukum gravitasi menjadi pengalaman mengasyikkan. (Danu Sukendro)

Bagikan

Komentar Anda

komentar

Comments are closed.