Menkominfo: Media Harus Cerdas Memilih Berita

0
Meskipun menjelang sore, ratusan pengunjung masih memadati acara Festival Media 2015 yang digelar Aliansi Jurnalis Independen (AJI) di  kampus Universitas Atmajaya. Acara yang dibuka oleh menteri Komunikasi dan Informasi tadi pagi, cukup menyedot perhatian masyarakat terutama para mahasiswa yang ingin mengenal lebih detail tentang media.
Foto: Afnan Subagio

Foto: Afnan Subagio

Ketua Umum AJI Indonesia, Suwarjon mengatakan, kegiatan Festival Media ini merupakan agenda rutin tahunan yang digelar dengan tujuan mendekatkan diri media dengan masyarakat. Untuk tahun ini merupakan kegiatan yang ke 4 kalinya setelah sebelumnya di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

“Untuk tahun ini, AJI mengambil tema cerdas memilih media dengan harapan  AJI Indonesia bisa mendorong masyarakat untuk lebih cermat memilih media dan berita yang dikonsumsi. Sehingga masyarakat memahami dan menggunakan secara bijak media sosial. Selain itu, masyarakat bisa lebih jauh telibat aktif mengawal media agar menghasilkan konten-konten tidak hanya informatif tapi juga mendidik,” ujar Suwarjono di sela-sela pembukaan Festival Media.
Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara yang membuka acara Festival Media 2015 berharap, jika masyarakat mulai dididik untuk lebih cerdas memilih media, kini giliran para jurnalis juga harus cerdas untuk memilih konten berita. Sehingga informasi yang disampaikan bisa berkualitas bagus dan mendidik masyarakat.
“Tema cerdas memilih media ini bila dilihat dari sisi publik adalah bagaimana melihat sebuah media  diharapkan media cerdas menyampaikan konten,“ ungkap Menkominfo, Rudiantara, dalam pembukaan Festival Media 2015 di Kampus Universitas Atma Jaya, Jakarta.
Foto: Afnan Subagio

Foto: Afnan Subagio

Tak hanya itu, Rudiantara juga turut menandatangani di sebuah kain putih untuk mendukung penolakan terhadap kerusakan lingkungan. Bahkan Menkominfo menuliskan pesan di kain putih yang disiapkan lima AJI se-Jatim, yakni AJI Kediri, AJI Malang, AJI Jember, AJI Surabaya dan AJI Bojonegoro. Pesan Menteri yang dituliskan di kain putih adalah “Menjadi Bangsa yang Besar Dengan Menjaga Lingkungan Serta Menerapkan Sustainable Development”.

Netizer: Afnan Subagio
Editor: Budhi Luhur
Bagikan

Komentar Anda

komentar

Comments are closed.