LOOP KePo: Ajak Pelajar Kediri Jadi Digital Creator

0

Tidak hanya memudahkan pekerjaan, teknologi yang banyak menggeser  peran manusia saat ini juga memberikan ruang produktif bagi penggunanya. Teknologi digital bisa dijadikan ladang berbisnis yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Sadar akan hal tersebut, Telkomsel melalui brandnya, LOOP, mewadahi kreatifitas anak-anak muda di bidang video digital.

Dengan program tersebut secara tidak langsung dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi mikro, melalui ajang LOOP KePo (Kreatif Project) 2016. 2016 merupakan tahun ke tiga digelarnya LOOP KePO, dimana cah Kediri sendiri telah merebut juara 3 se-Jawa Bali Nusra melalui karyanya berupa digital music dalam ajang LOOP KePo 2015.

Pada program ini telkomsel berencana melakukan roadshow ke 400 sekolah di 50 kota di Indonesia. Kegiatannya berupa kelas mentoring yang mengulas berbagai hal menarik seputar pembuatan video. Selain itu, akan diadakan juga LOOP KePo challenge berupa kompetisi “Video Project” antar sekolah yang pada puncaknya akan diadakan LOOP KePo BigBang untuk menutup program ini.

Supervisor Youth & Community Branch Lamongan, Indra Wijayanto menjelaskan bahwa Telkomsel memberi wadah bagi kreatifitas-kreatifitas anak muda lewat karya-karya digital yang mana di dalamnya memiliki peluang besar untuk meraup keuntungan, hal ini sejalan dengan gencarnya digital bisnis dimana tidak ada batasan bagi siapapun untuk menggunakannya.

Selain roadshow di sekolah-sekolah, program ini juga akan menghadirkan mentor, Raditya Dika dan Pandji Pragiwaksono. Dengan tema bertajuk “Promote Your School” LOOP KePo 2016 juga kembali mengajak cah Kediri untuk membuat karya untuk mewakili sekolahnya dalam kompetisi video antar sekolah.

(Foto : Dok. Panitia)

(Foto : Dok. Panitia)

Dihadiri sekitar 300 siswa SMP dan SMA se-Kediri, acara yang diselenggarakan di SMAPTA (SMAN 7 Kediri) tersebut mengajak Bayu Skak sebagai pembicara. Kemeriahan terpancar sejak dibukanya acara, pada Kamis siang, 11 Agustus 2016 di Aula SMA N 7 Kediri. Diramaikan dengan berbagai performan dari siswa-siswi SMAPTA, mulai dari akustik, standup comedy, bitbox, dan masih banyak lagi. Kemudian disusul Bayu Skak yang masuk ke dalam gedung merekam seisi ruangan yang penuh teriakan antusias dengan kamera handphonenya.

Semakin siang memang semakin panas kala itu. Dengan penuh bersemangat, Bayu Skak menyampaikan materi demi materi menggunakan logat bahasa jawanya yang khas, “Kon iku rek kudu,” begitulah kiranya kebiasaan artis YouTube asal Malang tersebut ketika berbicara.

Staff Youth & Community Sub Branch Kediri, Wim hafid mengatakan, “Teman-teman antusias. Sebenarnya mereka memiliki bakat dan mereka juga memahami bahwa YouTube merupakan media share yang bisa dimanfaatkan. Tapi, mereka tidak tahu secara detil bagaimana caranya. Melalui program kemarin di SMAPTA, teman-teman menjadi tahu bahwa ternyata YouTube juga bisa memberikan penghasilan bagi mereka,”

Kota Kediri yang dikenal dengan sebutan Kota Tahu memiliki bibit-bibit Kreator Digital. Terbukti dari sejumlah siswa yang antusias menanyakan berbagai hal terkait pembuatan video, sesekali mereka juga memamerkan bahwa mereka juga telah membuat vlog (video blog) yang mereka bagikan di akun YouTube mereka.

“Materinya keren. Selain kita bisa bertemu dengan idola (Bayu Skak, pen), kita juga mendapat materi dan motivasi, temen-temen yang telah merambah di dunia YouTube dan menekuni bidang videografi pasti sangat antusias,” jelas Kevin Dyo Pamungkas, salah satu siswa SMAPTA.

Melalui tema “Promote Your School” para Loopers (sebutan pengguna LOOP) ditantang untuk membuat karya dengan format mobile video dan mengupload karya-karyanya ke situs LOOP untuk memperebutkan berbagai hadiah menarik, yaitu hadiah bulanan berupa pulsa serta uang tunai sebesar Rp. 15 Juta. Sedangkan untuk hadiah utama, para Loopers berkesempatan untuk mendapatkan smartphone dan uang tunai sebesar Rp. 50 Juta. Dengan tiga kategori, yaitu “The Best School Video”, “The Best Personal”, dan “The Most Liked Video”.

Rangkaian acara LOOP KePo akan berlangsung mulai Maret 2016 hingga Oktober 2016. Pemenang akan diumumkan melalui loop.co.id pada Oktober 2016. Karya-karya tersebut diseleksi berdasarkan kreativitas, orisinilitas, dan cara penyampaian. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di http://loop.co.id/kepo (Santi Dwi Efianti)

(Foto : Dok. Panitia)

(Foto : Dok. Panitia)

 

Bagikan

Komentar Anda

komentar

Comments are closed.