Lima AJI se-Jatim Tolak Krisis Ekologi

0

Maraknya penambang diberbagai daerah terutama di Jawa Timur  yang merusak lingkungan, seolah terus terjadi tanpa mempedulikan kerusakan lingkungan.  Nyawa Salim Kancil petani asal Desa Selok Awar-Awar Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang yang melayang akibat dibunuh segerombolan mafia penambang pasir besi, ternyata tidak membuat pemerintah semakin tegas terhadap penyelamatan lingkungan. Salim Kancil sosok petani desa yang rela mati demi menyelamatkan lingkungan dari para mafia penambang pasir.

Foto : Afnan Subagyo

Foto : Afnan Subagyo

Hal inilah yang membuat lima AJI Kota  se-Jawa Timur mengambil tema “Krisis Ekologi di Jatim” dalam keikutsertaan festival media 2015 yang digelar Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia di Kampus Universitas Atmajaya. Dalam ajang event tahunan dalam skala Nasional ini, lima AJI Kota se-Jawa Timur memilih isu lingkungan karena isu ini dianggap penting dan darurat.

Kematian Salim Kancil ternyata belum menyurutkan nyali para mafia penambang yang terus mengeruk keuntungan besar tanpa memperhatikan kerusakan lingkungan. Hal ini terbukti beberapa hari terakhir ini adanya teror pembakaran rumah hingga ancaman pembunuhan terhadap tiga jurnalis yang tetap memberitakan soal penambang pasir besi. Tiga jurnalis yang mendapatkan ancaman tersebut  Iwan atau Wawan Sugiarto yang merupakan jurnalis TV One, Ahmad Arif Ulinuha jurnalis JTV dan Abdul Rahman jurnalis Kompas TV. Mereka mendapat ancaman pembunuhan melalui pesan singkat.
20151113211905            Dalam festival Media 2015 ini, lima AJI Se-Jatim masing-masing AJI Kediri, AJI Malang, AJI Jember, AJI Bojonegoro dan AJI Surabaya menampilkan foto-foto karya para jurnalis anggota AJI se-Jatim tentang kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh  ulah manusia. Tidak hanya itu, lima AJI se-Jatim juga membuat tanda tangan kesepakatan pengunjung untuk menolak kerusakan lingkungan  di kain putih ukuran 1 X 4 meter. Bagi pengunjung Festival Media 2015 di Kampus Universitas Atma Jaya di Jalan Jendral Sudirman, Jakarta diharapkan bisa turut serta ikut tanda tangan untuk menolak kerusakan lingkungan.

Netizer : Afnan Subagio, Ketua AJI KEDIRI (Laporan dari Jakarta)
Editor : Nakula

Silakan membuka tautan berikut untuk mendapatkan informasi tentang Festival Media 2015 :
http://festival-media.aji.or.id

Bagikan

Komentar Anda

komentar

Comments are closed.