Hari Habitat Dunia: Ketersediaan Ruang Publik dan Jalur Sepeda di Kediri

0

Dimanakah Anda bisa melamun secara bebas, menikmati udara segar di pagi atau sore hari, dan lalu kemudian muncul inspirasi berkreasi? Dimanakah Anda merasa aman dan nyaman berjalan kaki di jalur pedestrian tanpa harus turun trotoar karena menyimpangi para pedagang kaki lima? Dimanakah Anda bisa bebas bersepeda tanpa harus mendapat klakson pengguna jalan lainnya yang merasa diperlambat jalannya karena menunggu Anda yang gowes pelan-pelan?

Kampanye Jalur Sepeda Kediri-1Menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak 1986 menetapkan setiap hari Senin di minggu pertama pada bulan Oktober sebagai Hari Habitat Dunia. Tahun ini, peringatan Hari Habitat Dunia jatuh pada 5 Oktober 2015.

Kampanye Jalur Sepeda Kediri-4Adalah komunitas Earth Hour Kediri didukung #kedirinightride, Gumul Fixed Gear, Kediri Runners dan Fedricks , mengkampanyekan pentingnya ruang publik di Kediri. Yang terbaru, mereka menggalang petisi dan tanda tangan untuk mendukung pembangunan jalur sepeda di Kediri pada gelaran Car Free Day di Jalan Doho pada Minggu, 27 September 2015.

Kampanye yang digelar oleh komunitas yang mayoritas digerakkan anak muda ini menarik karena membarterkan tanda tangan petisi dengan bibit tanaman buah. Setiap warga yang melintas dan mau menandatangai petisi dukungan #jalursepedaforkediri mendapatkan bibit tanaman buah secara gratis.

“Bersepeda harus menjadi bagian dari gaya hidup warga Kediri, selain bisa menyehatkan juga mampu mengurangi emisi secara signifikan dan menghemat bahan bakar yang merupakan sumber energi yang tak terbarukan,” kata Yulli Tyara Effendy, koodinator komunitas Earth Hour Kediri yang menjadi penggagas acara.

Kampanye Jalur Sepeda Kediri-7Warga yang saat itu tengah berada di acara Car Free Day tentu saja sangat antusias dengan kampanye itu. Mereka membubuhkan tanda tangan yang sudah disiapkan di selembar kertas vinyl putih yang ditempelkan pada papan. “Semoga jalur sepeda untuk Kediri segera terwujud,” kata Roy Agung Wibowo, seorang warga yang menggambar karikatur sepeda setelah menandatangani petisi. Ia membawa pulang bibit buah klengkeng untuk ditanam di halaman rumahnya.

Kampanye Jalur Sepeda Kediri-2Sebelum kampanye di Car Free Day, komunitas pesepeda berkonvoi mengeliling Kota Kediri sekaligus melakukan pemetaan jalan yang layak untuk digunakan jalur sepeda. “Sejumlah jalan yang layak sudah kami petakan, namun ada kendala soal parkir kendaraan yang memenuhi jalan.  Contohnya di Jalan PK Bangsa, kalau dibangun jalur sepeda di sisi kanan jalan, meskipun itu jalur searah, badan jalan jadi menyempit karena banyaknya kendaraan yang terparkir,” kata Syailendra Yuda, salah satu penggagas #kedirinightride.

Kampanye Jalur Sepeda Kediri-6“Sepanjang Jalan Doho juga layak menjadi jalur sepeda, namun perlu solusi sentra parkir kendaraan agar tidak terjadi gesekan dengan para pengguna jalan dan pemilik took di sepanjang jalan,” tambahnya. “Di wilayah Kabupaten Kediri, sepanjang Jalan Soekarno Hatta – Tepus hingga Simpang Lima Gumul juga layak untuk dibangun jalur sepeda,” katanya.

Kampanye Jalur Sepeda Kediri-3“Lebih daripada itu, sebaiknya dilakukan survey publik dengan membuat quesioner pada masayarakat, terutama kalangan pelajar agar jalur sepeda yang hendak dibangun nanti benar-benar berguna. Karena kalau sudah dibangun, takutnya komitmen masyarakat untuk bersepeda rendah,” tambah Tyara.

Ya, tentu saja perjuangan untuk mewujudkan #jalursepedaforkediri masih panjang. Butuh komitmen bersama antara pemerintah sebagai pemangku kebijakan, komunitas pesepeda dan masyarakat luas agar bisa terwujud. (Arief Priyono)

Bagikan

Komentar Anda

komentar

Comments are closed.