Fotografer Kediri Blusukan Pasar Tradisional

0

Perkembangan fotografi di Kediri begitu pesat dalam beberapa tahun terakhir. Berbagai komunitas tumbuh dengan subur-nya. Ada yang menggemari motret model, lansekap, human interest dan fotografi jalanan. Komunitas-komunitas ini tumbuh bersama dan saling menghormati, sehingga tercipta suasana guyub rukun diantara mereka. Saat salah satu komunitas menggagas sebuah event, semua saling berebutan membantu dan berpartisipasi.

Arif Faisal (kiri) sedang bercengkrama dengan salah satu pedagang. (Foto: Lambang CP)

Arif Faisal (kiri) sedang bercengkrama dengan salah satu pedagang. (Foto: Lambang CP)

Contoh yang paling mutakhir adalah event Jelajah Pasar Nusantara yang digagas oleh Arif Faisal, pendiri komunitas Kediri on Street Photography (Kosphy). Hampir semua komunitas fotografi di Kediri berbondong-bondong untuk meramaikannya. Jelajah Pasar Nusantara yang merupakan event mingguan untuk mendokumentasikan denyut kehidupan pasar tradisional di Kota dan Kabupaten Kediri selalu ramai oleh peserta.

“Dengan mengikuti event ini kita dapat merasakan sensasi blusukan di pasar tradisional dan menangkap berbagai ekspresi yang di suguhkan oleh para pedagang dan pembeli melalui bidikan kamera,” kata Mochamad Lambang Cahaya Prasetya, salah satu peserta yang juga aktif di UKM Fotografi STAIN Kediri (Foster).

Para fotografer beraksi memotret para pedagang pasar. (Foto: Lambang CP)

Para fotografer beraksi memotret para pedagang di Pasar Bence. (Foto: Lambang CP)

“Banyak momen mengharukan saat di pasar tradisional, contohnya saat kita bareng-bareng makan di sebuah warung sederhana di dalam pasar. Ibu pedagang warung sampai tidak percaya kita mau makan di warung gubuk miliknya,” kata dr. Ari Purnomo Adi, ketua komunitas Fotografer Kediri Raya (Foker).

Sejumlah pasar tradisional di Kota dan Kabupaten Kediri pernah dijelajahi oleh komunitas ini, diantaranya Pasar Semen, Pasar Pagi Tempurejo, Pasar Bence, Pasar Setono Bethek dan Pasar Pahing. Masih banyak pasar tradisional yang akan dijelajahi komunitas ini setiap pekan, tertarik bergabung? Pantau update informasi jadwal pemotretan pasar tradisional di grup: https://www.facebook.com/groups/kosphy/ atau https://www.facebook.com/eksotikapasarnusantara.

Netizer: M. Lambang Cahaya Prasetya

Editor: Arief Priyono

Bagikan

Komentar Anda

komentar

Leave A Reply