SEDIKITNYA enam ratus penunggang motor trail sedari pagi, 29 Juli 2018, berkumpul di lapangan Balai Desa Puhjarak, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri. Berkostum lengkap; mengenakan atribut sebagaimana rider motor cross bersiap menaklukkan buana liar. Selepas pukul 8.00 WIB, mereka berjajar tertib di belakang garis start yang telah tersedia.

Deru mesinnya begitu garang, saling sahut menyusup telinga. Sebagai tanda bendera start latihan bersama (latber) trail akan segera diangkat. Petulangan diawali dengan menyisir pedalaman tujuh desa kawasan Kecamatan Plemahan. Total rute sepanjang 45 Kilometer itu menyusuri Desa Puhjarak, Desa Payaman, Desa Sebet, Desa Sidowareg, Desa Banjarejo, Desa Lakaharjo, dan Desa Tegowangi.

Medannya memiliki aneka tantangan. Mulai jalan berpasir, bebatuan dengan tanjakan dan turunan, serta kelokan yang cukup menguras adrenalin. Tak luput dengan jalur sungai, sawah, perkebunan serta hutan, yang mampu membangun nuansa latber makin terasa menyenangkan.

Start peserta Latber dan baksos di lapangan Balai Desa Puhjarak, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri. (Foto: Naim)

Setelah mencapai finish; kembali ke lapangan Balai Desa Puhjarak, mereka lanjutkan dengan membagikan sembilan bahan pokok (sembako) ke 350 warga sekitar rute latber yang membutuhkan. Bakti sosial yang didukung penuh oleh PT Gudang Garam, Tbk. Ini, menjadi bagian kegiatan penting yang wajib diagendakan tiap latber.

“Setiap Desa mendapatkan alokasi lima puluh paket sembako,” ujar Kabid Humas PT Gudang Garam Tbk Iwhan Tri Cahyono.

Menurut Iwhan, pembagian sembako itu merupakan bagian dari tanggung jawab sosial PT Gudang Garam, Tbk. Dananya dari program Corporate Social Responsibility (CSR). “Jadi, sambil berolahraga yang rekreatif, kami juga selalu mengajak para rider untuk tetap selalu peduli terhadap sesama,” tandas Iwhan

Bukan kali pertama ini crosser Kediri menyelenggarakan latber. Digawangi oleh Komunitas Trail Kediri (KTK) dan AJM MX Brotherhood, bersama banyak komunitas motor cross seantero Kediri dan sekitarnya.

“Peserta asal Surabaya ikut andil dalam latber kali ini, dan beberapa dari wilayah Jawa Timur juga hadir,” kata Raden, ketua harian KTK. Ia menjelaskan, agenda tersebut terlaksana dalam rangkaian peringatan Hari Bhayangkara, bertajuk “Latihan Bersama Trail dan Bakti Sosial Polres Kediri”.

Acara ini juga menyediakan hadiah menarik untuk para rider. Yakni, satu unit sepeda motor matic produk Jepang, tiga ekor kambing dan puluhan doorprize. Di titik start sekaligus finish, hiburan orkes dangdut senantiasa memeriahkan suasana. (Naim)

Bagikan
  • 13
    Shares

Komentar Anda